PETUNJUK PELAKSANAAN TES GROUNDSTROKE BACKHAND TENIS

(Hewitt, 1066:231)

Tujuan : untuk mengevaluasi kemampuan backhand pada permainan tenis.
Reliabilitas : diperoleh melalui tes-rites
Umur dan : laki-laki dan wanita mahasiswa
Jenis Kelamin
Personel : pada setiap lapangan diperlukan seorang pencatat, seorang pelayan bola dan untuk tes backhand ada seorang pengumpan bola.
Perlengkapan : raket tenis, bola tenis, pita pengukur, kapur tulis atau pita pembatas, dua tonggak setinggi 7 kaki (untuk setiap lapangan), tangga, keranjang tempat bola, tali dengan penjang secukupnya untuk direntangkan selebar lapangan tenis, kartu pencatat hasil dan ballpoint.
Ruang : lapangan tenis.
Persiapan : untuk tes backhand, lapangan seperti gambar di bawah. Seutas tali direntangkan di atas dan sejajar dengan net setinggi 7 kaki dan daerah sasaran dibuat di antara baseline dan garis servis.
Tes backhand : teste menempatkan posisi menerima pada titik tengah dari baseline. Pengumpan mengambil posisi diseberang net pada perpotongan garis tengah dengan garis servis. Pengumpan mengumpan bola kepada testi. Bola dijatuhkan sesudah garis servis. Diijinkan mencoba lima pukulan. Banyaknya pukulan sebanyak 10 bola. Bola pengembalian harus melalui net dan tali, dan mendarat didaerah sasaran.
Skoring : setiap pukulan 10 bola dikembalikan diskor 0-5, tergantung bola mengenai pada sasaran. Bola yang melalui di atas tali, tetapi jatuh pada daerah sasaran dihargai separuh dari harga sesungguhnya. Bola-bola yang jatuh di atas garis batas di skor yang harganya lebih tinggi. Skor sempurna adalah 50.