PETUNJUK PELAKSANAAN TES KETERAMPILAN PASSING BOLAVOLI

Petunjuk pelaksanaan tes keterampilan passing bolavoli (AAHPER Voleyball Skill Test dari Strand and Wilson (1993:136-141), terdiri dari dua item tes yaitu ; 1) pass bawah, 2) pass atas.
1. Tujuan : untuk mengukur kemampuan dasar bolavoli.
2. Validitas dan Reliabilitas: face validity dan content validity. Dalam tes manual tidak terdapat perhitungan reliabilitasnya, tetapi tidak ada item tes yang reliabilitasnya kurang dari 0.70.
3. Umur dan jenis kelamin: untuk siswa SMP/MTsN, SMU, dan putra – putri
4. Personel: tes ini membutuhkan beberapa scorer pada tiap station, timer untuk tes passing, servis dan beberapa siswa untuk membantu menerima dan mengembalikan bola.
5. Perlengkapan: bolavoli, kapur, tali, stop watch, pita pengukur, net yang standar, score card dan pensil.
6. Tempat : ukuran lapangan bolavoli yang standar.
Petunjuk Pelaksanaan :
Passing :
- Lapangan tes passing dilengkapi dengan tali setinggi 8 feet dari tanah dipasang menyeberang lapangan dengan jarak 10 feet dari net. Passing zone berada dibawah tali dengan ukuran 4 x 4 feet. Untuk dua scoring zone terletak pada samping kanan dan samping kiri lapangan dekat net dengan ukuran 6 x 4 feet. Scorring zone sejauh 3 feet dari net dan 3 feet dari garis panjang tengah lapangan.
- Petunjuk pelaksanaan: untuk memulai, tosser berada pada posisi dan mengoper bola kepada passer yang akan berusaha menge-pass bola setinggi 8 feet ke scorring zone. Percobaan 10 kali ke kanan dan 10 kali ke kiri. Bola yang mengenai tali, net atau pun jatuh di luar area tidak mendapatkan poin.
- Scorring (penilaian): satu poin untuk bola yang sah dan masuk ke daerah sasaran. Total poin adalah jumlah semua percobaan sebanyak 20 kali.
- Keterangan : untuk tes passing, jenis tes ini sama pada pass bawah dan pass atas.